Nilai Plus Kuliah di UK Part 4: Durasi Perkuliahan Relatif Cepat



Di UK, terdapat lebih dari 90 universitas dan banyak lembaga pendidikan tinggi. Para alumni internasional lembaga pendidikan di UK pun termasuk para tokoh politik dan pengusaha berpengaruh kuat di dunia juga pernah berkuliah di sini. Hal menarik ketika kuliah di UK adalah, bahwa durasi perkuliahannya cukup pendek dibanding negara lain. Misalnya saja, ketika ingin menempuh gelar sarjana di UK, jenjang perkuliahan terkait dapat ditempuh hanya dalam kurun waktu tiga tahun, sedangkan gelar master (pascasarjana) hanya ditempuh selama satu tahun. Bandingkan saja dengan negara lain, untuk mendapatkan gelar sarjana saja dibutuhkan waktu selama 4 tahun dan 2 tahun untuk gelar master.

Melihat pendeknya waktu tempuh kuliah di UK, tidak lantas membuat kualitas pendidikannya buruk. Sejarah telah membuktikan bahwa ada banyak sekali alumnni universitas di UK yang menjadi panutan dunia, di antaranya adalah Alexander Graham Bell dan Isaac Newton. Ilmu dan pengalaman selama kuliah dikemas secara padat dan berisi, sehingga para pelajar mampu menerima pembelajaran dengan baik dan mudah. Dijamin, ketika kuliah di sini, Anda akan memperoleh ilmu dan pengalaman yang luar biasa. Sehingga, tanpa Anda sadari, Anda akan disebut sebagai orang yang sukses dan berhasil karena telah menyelesaikan studi di UK.

Berikut ini merupakan penjelasan singkat tentang bagaimana model perkuliahan di UK, dengan mengambil contoh di Negara Inggris, yang akan membantu Anda untuk mempersiapkan diri kuliah ke UK. Silahkan simak baik-baik!

Pertama: Studi S1 (Undergraduate)

Secara umum, jalur masuk ke program undergraduate di Inggris bisa ditempuh melalui jalur A-level atau IB (2 tahun) atau jalur foundation (1 tahun). Hal ini disebabkan karena jenjang pendidikan dasar-menengah di Indonesia berbeda dengan di Inggris. A-level/IB sama dengan kurikulum sekolah di level SMA, di mana nanti ada ujian akhir dan Anda bisa mendaftar ke universitas yang dituju dengan modal nilai tersebut. Tentu saja universitas yang bagus membutuhkan skor yang lebih tinggi karena persaingannya jauh lebih kompetitif.

Sementara itu, foundation lebih mirip dengan pre-university, di mana Anda akan belajar selama 1 tahun dengan mata pelajaran yang lebih spesifik sesuai dengan program studi dan universitas di mana Anda akan belajar. Misalnya, Anda ingin mengambil kuliah di University College London (UCL), maka Anda bisa terlebih dahulu mengambil foundation seperti University Preparatory Certificate for Science and Engineering (UPCSE) atau University Preparatory Certificate for the Humanities (UPCH), tergantung program studi yang Anda tuju.

Biasanya, jalur A-level lebih diakui daripada jalur foundation. Kebanyakan mahasiswa undergraduate di sini masuk lewat jalur A-level. Sebagai gambaran juga, Oxford dan Cambridge hanya menerima A-level. LSE bisa menerima foundation, tetapi Anda akan diminta untuk mengambil school entrance examination lagi. Itupun dengan syarat nilai foundation-nya meraih distinction dengan nilai minimum 70% di seluruh course unit.

Kedua: Studi S2 (Masters Degree)

Secara umum, program master di Inggris terbagi menjadi dua, yaitu taught programme dan research programme. Taught programme ada bermacam-macam, mulai dari PGCert, PGDip, MA, MSc, LLM, dan MBA. Sedangkan research programme antara lain MPhil dan MRes.

PGCert (Postgraduate Certificate) ini setara dengan final year untuk level bachelors degree with honours, tetapi masih di bawah postgraduate course. PGCert boleh dibilang semacam “foundation” untuk masters level. Sedangkan PGDip (Postgraduate Diploma) biasanya diberikan kepada mereka yang sudah menyelesaikan course unit untuk level master, tetapi belum menulis disertasi (tugas akhir). Jangka waktu PGCert dan PGDip biasanya sekitar 9 bulan.

MA (Master of Arts) dan MSc (Master of Science) adalah pendidikan level master, terdiri dari kelas (lectures), ujian (exam), dan riset (dissertation). Keduanya bisa ditempuh dalam waktu 1 tahun (full-time). Demikian juga dengan LLM (Master of Law), tetapi LLM fokus pada bidang hukum. Sedangkan MBA (Master of Business Administration) adalah pendidikan master untuk bidang bisnis, dengan lama studi berkisar antara 18-24 bulan. Mereka tidak menulis disertasi, tetapi lebih seperti final report atau consulting project. (Oh iya, di Inggris tugas akhir master disebut disertasi, sementara tugas akhir doktoral disebut thesis.)

MPhil (Master of Philosophy) biasa disebut juga senior master atau second master, yaitu merupakan jenjang antara master dan PhD. Sedangkan MRes (Master of Research) adalah seperti Master of Science by Research. Biasanya mereka yang akan mengambil studi doktor, akan terdaftar terlebih dahulu sebagai mahasiswa MPhil atau MRes, sebelum nantinya akan diuji untuk “upgrading” menuju PhD.

Ketiga: Studi S3 (PhD atau DPhil)

Studi tingkat doktor di Inggris bisa ditempuh paling cepat 3 tahun (full-time) atau 6 tahun (part-time). Seperti sudah disinggung di atas, biasanya mahasiswa doktoral di Inggris akan terdaftar terlebih dahulu sebagai mahasiswa MPhil atau MRes. Pada akhir tahun pertama setelah menyelesaikan required course-nya, akan ada ujian “upgrading” sebagai seleksi apakah Anda layak untuk melanjutkan penelitian Anda. Ini berbeda dengan program doktoral di Amerika atau Kanada yang mengharuskan dua tahun coursework dan preliminary exam, di Inggris coursework tersebut hanya sekitar 1 tahun. Tapi, ada kalanya supervisor meminta Anda untuk sit-in di kelas lain yang dianggap relevan atau membantu riset Anda.


Di Inggris, mahasiswa PhD cukup beragam, ada yang berusia 25 tahun, langsung dari S1/S2. Tapi ada juga yang sudah berusia 40 tahun dengan segudang pengalaman kerja. Program PhD biasanya didominasi oleh mahasiswa-mahasiswa internasional dibandingkan mahasiswa asli Inggris. Mengapa begitu? Umumnya mahasiswa asli Inggris membiayai sekolahnya menggunakan student loan, sehingga mereka lebih memilih untuk bekerja setelah lulus S1/S2 dan melunasi student loan mereka.

Inilah beberapa hal yang bisa dijelaskan tentang durasi kuliah di UK. Jika Anda menginginkan informasi tentang kuliah ke UK lebih lanjut, Anda bisa memperolehnya dengan membaca buku TAKEDOWN UK. Buku TAKEDOWN UK merupakan buku pedoman kuliah ke UK terlengkap. Buku yang dilengkapi workbook, juga dilengkapi dengan video wawancara langsung mahasiswa yang kuliah di UK. Sehingga akan sangat  disayangkan jika Anda terlambat untuk kuliah ke UK hanya karena tidak memiliki buku ini dengan segera. Maka tunggu apalagi, segera pesan buku ini, dan Anda akan melihat hasilnya.

Untuk konsultasi dan pemesanan silahkan hubungi kami di:
PHONE : 08993751354
BBM : 5885737C
LINE : @bukutoefl
Website : BukuTOEFL.com

Comments

Popular posts from this blog

Nilai Plus Kuliah di UK Part 1: Tempat Berkumpulnya Mahasiswa Internasional

KULIAH KE UK? ANDA PASTI BISA!

Nilai Plus Kuliah di UK Part 5: Lingkungan Belajar yang Kondusif