Nilai Plus Kuliah di UK Part 3: Fasilitas Publik Berkualitas



Kuliah di UK merupakan pilihan yang menarik bagi mahasiswa internasional. Selain pendidikannya yang bagus, UK juga terkenal dengan fasilitas publiknya yang berkualitas.  Belajar di sana menjadi sebuah keuntungan tersendiri, karena semua fasilitas yang Anda perlukan telah tersedia. Misalnya saja ketika Anda berada di taman bermain, Anda tidak perlu khawatir jika ingin buang air, karena di setiap taman bermain selalu ada kamar kecil yang bersih dan terawat. Sama juga ketika Anda membutuhkan kendaraan umum untuk pergi ke suatu tempat, Anda tidak perlu terburu-buru ataupun berlama-lama, karena kendaraan tersebut akan datang tepat waktu. Anda cukup tiba di waktu yang tepat, dan kendaraan yang nyaman pun akan datang menjemput Anda.
Hal ini seperti yang dirasakan oleh Ahmad Amirrudin saat berada di Kota Edinburgh Inggris. Selama tinggal dan belajar setahun di UK, ia mencatat beberapa hal menarik terkait dengan pelayanan umum yang diberikan kepada para warga Edinburgh, baik sebagai orang asing maupun sebagai penduduk UK atau Scotland. Ia menangkap kesan bahwa sistem pelayanan di Edinburgh terpercaya dan reliable, tidak harus cepat, tapi mereka bekerja dengan efisien, terencana dan taat asas.



  1. Transportasi Umum
Transportasi umum di Edinburgh adalah bus, tram dan kereta api. Bus dalam kota menggunakan Lothian Bus yang menghubungkan hampir semua titik di Edinburgh. Tak banyak perumahan yang tak terjangkau oleh Bus ini. Lothian Bus mengoperasikan 50 rute di sekitar kota Edinburgh. Jadwal bus terpublikasi dengan baik dan terintegrasi dengan beberapa aplikasi berbasis android maupun iOS. Jadwal bus juga terintegrasi dengan Google Map yang memberikan petunjuk nomor bus, jalur dan jadwal kedatangan, cukup dengan menginput titik keberangkatan dan tujuan. Dengan jadwal dan ketepatan waktu bus, orang-orang bisa melakukan aktifitasnya secara terjadwal dan teratur.


  1. Akses di Jalan Raya
Jalanan di Edinburgh ramah terhadap pejalan kaki dan pengguna kursi roda. Setiap trotoar memiliki akses naik dan turun di setiap persimpangan jalan. Jika ada proyek perbaikan jalan yang menutup trotoar, maka disediakan trotoar pengganti yang berpagar dan bisa dilalui oleh kursi roda. Jika ada pembangunan yang berdekatan dengan jalan maka scaffolding yang dilalui pejalan kaki diberikan pembatas agar pejalan kaki tidak menabrak tiang scaffolding tersebut.

  1. Listrik, Air dan Gas
Konsumen listrik, air, dan gas, di UK merasa sangat puas dengan sistem pelayanan umum yang ada. Pelanggan listrik misalnya, mereka hanya perlu membayar tagihan kepada retailer dengan sistem open market. Konsumen bisa mengajukan perpindahan retailer secara bebas. Tercatat 30% pelanggan berpindah retailer setiap tahunnya. Dengan pemberlakuan sistem pembayaran single tarif, pelanggan tidak perlu khawatir akan tagihan listrik yang membengkak. Karena memang kebutuhan listrik masyarakat di sana cukup tinggi, terutama di musim dingin. Dan yang perlu menjadi catatan adalah bahwa, hampir tidak pernah terjadi pemadaman listrik di sana Jika pun ada, pemadaman tersebut hanya sementara dan skala kecil, baik karena alasan teknis maupun masalah cuaca.


  1. Taman dan Tempat Bermain Anak-anak
Kota Edinburgh dikelilingi banyak taman yang luas, asri dan Indah. Diantara taman kota yang besar adalah Royal Botanical Garden, Princess Street Garden dan Holyrood Park dan Meadowbank. Di tempat-tempat ini juga tersedia lokasi permainan bagi anak-anak yang digratiskan. Arena permainan ini didesain agar aman bagi anak-anak karena dilengkapi dengan pengaman dengan memasang karet tebal sebagai lantai lentur untuk mencegah cedera pada anak ketika terjatuh dari permainannya. Arena bermain ini tidak terlalu dipadati oleh anak-anak karena banyaknya pilihan taman dan permainan yang tersedia di seputaran kota.


  1. Kesehatan
Fasilitas kesehatan diberikan secara gratis bagi para pelajar di Inggris Raya melalui asuransi National Health Service (NHS). Asuransi ini diberikan juga untuk keluarga inti para pelajar yang memiliki visa student dependant. Tak banyak persyaratan yang harus disediakan untuk mendaftar. Namun, biasanya untuk mendaftar harus membuat janji terlebih dahulu untuk mengambil dan mengembalikan formulir yang harus diisi. Persyaratannya adalah melampirkan paspor, visa, surat keterangan tempat tinggal dan surat keterangan study dari University. Pendaftaran dilakukan di praktek dokter yang terdekat dengan tempat tinggal.
Seperti inilah fasilitas publik yang ada di UK. Mungkin ketika baru pertama kali ke sana, Anda akan merasa sedikit kebingungan. Namun, jangan khawatir, Anda bisa dengan leluasa bertanya kepada petugas pelayanan. Mereka sangat ramah dan yang penting, Anda harus menjadi pendengar yang baik karena mereka sangat tidak suka ketika Anda memotong penjelasan mereka.


Inilah beberapa informasi dan hal menarik tentang fasilitas publik di UK. Dengan mengetahui hal ini, Anda akan lebih mudah menghadapi tantangan ke depan selama Anda kuliah di sana. Mungkin beberapa informasi belum senuhnya dijabarkan di internmet ataupun media massa, sehingga tidak sedikit pelajar yang kesulitan di awal studi mereka. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda mulai mencari informasi sebanyak-banyaknya, dari internet, perkumpulan pelajar di sana, maupun kedutaan besar UK sejak saat ini. Namun, jika Anda merasa hal ini terlalu rumit, maka jangan khawatir, Anda hanya perlu memiliki buku TAKEDOWN UK. Buku ini merupakan buku panduan kuliah ke UK yang sangat lengkap dalam menjelaskan segala kebutuhan dan prosedur sejak Anda mulai berniat untuk kuliah ke UK hingga lulus. Tidak tanggung-tanggung, buku ini dilengkapi dengan:
  • 84 Video Mentoring Interview dan Tips Langsung dari 4 Mahasiswa UK
  • Modul Panduan Kuliah di UK Full Color berisi 365 Halaman
  • 7 Ebook Takedown UK berisi 2.840 Halaman
Dengan membaca buku ini, impian Anda untuk kuliah ke UK akan terwujud, dan bukan hanya itu, segala bentuk informasi tentang kuliah ke UK, juga akan segera Anda daptkan! Menyenangkan bukan?
Maka tunggu apalagi? Segera miliki buku TAKEDOWN UK dan Anda akan puas dengan hasilnya!
Untuk konsultasi dan pemesanan lebih lanjut, hubungi kami via:
PHONE : 08993751354
BBM : 5885737C
LINE : @bukutoefl
Website : BukuTOEFL.com

Comments

Popular posts from this blog

Nilai Plus Kuliah di UK Part 1: Tempat Berkumpulnya Mahasiswa Internasional

KULIAH KE UK? ANDA PASTI BISA!

Nilai Plus Kuliah di UK Part 5: Lingkungan Belajar yang Kondusif